Home » Berita, Info Jurusan » PRODI PBSI FKIP UNISMA RAIH AKREDITASI A

PRODI PBSI FKIP UNISMA RAIH AKREDITASI A

February 8th, 2016 Leave a comment Go to comments

97asesor-pbsi-editMalang. Senin, 25/01/2016, Universitas Islam Malang (Unisma) kembali menorehkan prestasi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) meraih capaian prestisius dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT) yakni nilai A. Capaian membanggakan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) BAN PT No 1262/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2015. SK tersebut dikeluarkan pada tanggal 31 Januari 2015 lalu.

Prodi PBSI FKIP merupakan Prodi paling senior di FKIP Unisma, yang berdiri sejak 10 Mei 1981. FKIP Unisma memiliki tiga prodi yakni PBSI, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Matematika. Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si, dari Mekkah, Jumat, 22/01/2016 tidak dapat menutupi kebanggaannya atas capaian prestasi civitas akademika Unisma, khususnya warga PBSI-FKIP. “Saya bangga atas raihan akreditasi PBSI. Ini adalah buah dari kerja keras semua civitas akademika yang tak kenal lelah berbuat yang terbaik untuk Unisma. Semoga Prodi-prodi lain juga segera menyusul akreditasi A yang sudah diraih oleh Prodi Ilmu Hukum, Prodi Manajemen, serta Prodi PBSI” Terang Rektor kelahiran Tuban tersebut.

Wakil Rektor (Warek) I Unisma Bidang Akademik dan Kerjasama, Drs. H. Junaidi Mistar, P.hD menyatakan bahwa raihan A yang diperoleh oleh prodi PBSI merupakan proses panjang. “Pada 2011, saat kita mendapatkan hibah IM HERE dari Bank Dunia untuk peningkatan kualitas layanan perkuliahan, kita berjanji untuk mendapatkan akreditasi A, tetapi waktu itu kita baru meraih nilai B gemuk. Maka pencapaian ini merupakan pelunasan janji kami.” Paparnya. Lebih lanjut, Warek I Unisma tersebut menerangkan bahwa keunggulan dari prodi PBSI adalah jumlah penelitian dosen yang banyak. “Hampir semua skema hibah penelitian dimenangkan oleh para dosen PBSI, disamping sarana dan layanan perkuliahan yang memadai. Masa tunggu lulusan PBSI untuk mendapatkan pekerjaan dari tahun ke tahun juga semakin pendek.” Ia juga menjelaskan bahwa dengan tiga Prodi yang sudah mendapatkan A menjadi bekal untuk akreditasi institusi Unisma di 2018 nanti. “Sebab untuk bisa meraih akreditasi institusi A, sebuah PT harus memiliki minimal 10% prodi yang sudah terakreditasi A. Kami memiliki 28 Prodi, dan tiga diantaranya sudah terakreditasi A. Kami bersiap dan bekerja keras untuk mewujudkan itu.”

Dekan FKIP, Dr. Hasan Busri, M.Pd mengungkapkan kegembiraannya sebab meraih akreditasi A merupakan buah dari kerja keras dan kesungguhan seluruh warga FKIP. “Ini amanat yang harus dijaga, setelah ini kami akan terus berupaya agar Prodi yang ada di FKIP bisa terakreditasi A semua.”

Prestasi yang diraih oleh Prodi PBSI tersebut menjadi semakin lengkap, mengingat di Jawa Timur, Unisma menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi (PT) yang Prodi PBSI nya terakreditasi A. Sementara di Indonesia hanya tujuh PTN/PTS yang memiliki Prodi PBSI terakreditasi A. Tujuh PTN dan PTS tersebut adalah Universitas Negeri Medan, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Sebelas Maret Solo, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, serta Universitas Islam Malang (Unisma).

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.