TIMESINDONESIA, MALANG – Bahasa Inggris masih terasa asing di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan sulitnya memahami tata bahasa Inggris atau grammar yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Untuk itulah Universitas Islam Malang menggelar Grammar Exhibition.

bazarr

Acara yang diselenggarakan Senin (9/1/2017) ini berawal dari kegelisahan para mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unisma yang melihat banyaknya pelajar merasa kesulitan belajar grammar Bahasa Inggris.

“G. Ex program (Grammar Exhibition Program) ini adalah final project mahasiswa mata kuliah Grammar III. Project ini terinspirasi dari ‘unek-unek’ mahasiswa yang merasa kesulitan belajar grammar dan kurang suka mempelajarinya,” ujar pembimbing mata kuliah Grammar III, Atik Umamah MPd.

Ia menyatakan, dari hasil diskusi, salah satu hal yg membuat para mahasiswa tidak terlalu suka mata kuliah ini adalah karena media pembelajaran yg kurang menarik dan terkesan monoton.

“Dari situ kemudian, saya meminta mereka untuk membuat media pembelajaran grammar yang kreatif dan menarik sehingga mereka merasa senang ketika belajar. Project ini dikerjakan selama sekitar 1 bulan,” imbuh Atik.

Awalnya, project ini hanya dikumpulkan saja, tapi untuk menghargai kerja keras mahasiswa dan mempromosikan bahwa belajar grammar itu bisa dilakukan dengan cara yg menyenangkan bahkan melalui game, maka dibuatlah pameran ini.

“Setelah pameran, tugas ini kemudian akan dilanjutkan dengan membuat proposal PKM KC yg Insya Allah akan diupload tahun ini untuk bersaing di kancah nasional,” jelasnya.

Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri, MSi menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya untuk para mahasiswa Bahasa Inggris yang sudah berhasil menyelenggarakan kegiatan ini.  Ia mengaku bangga dengan kreativitas dan inovasi yg dilakukan mahasiswa FKIP Unisma dalam membangun atmosfer akademik.

“Ini bukti nyata bahwa ilmu itu tidak dimonopoli oleh seseorang, tapi siapapun boleh ambil bagian untuk mengembangkan keilmuan. Dan semakin nyata bahwa di Unisma seluruh bagian mengambil bagian dalam pengembangan Unisma, termasuk dalam bidang keilmiahan,” paparnya.

Kegiatan ini sendiri akan berlangsung selama satu hari penuh, mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB di Lobi Gedung B Unisma.

Dalam pameran ini, ditunjukkan 21 kegiatan belajar grammar dengan mudah dan menyenangkan yang murni merupakan kreasi dan inovasi para mahasiswa. Kegiatan itu di antaranya adalah

  1. BBG (Buku Grammar Gaul)
  2. Grammar Accessories
  3. Glasper (Grammar Newspaper)
  4. Grammar Tree
  5. Belajar Grammar Interaktif
  6. Super Puppet
  7. Learning Grammar with Islamic Content
  8. Environmental Friendly Grammar
  9. No Mam (Know More about Modal)
  10. Treasure Chest of Comparative
  11. The Secret of Grammar Recipe
  12. Grammar Zoo
  13. Magic BNC ( Book Noun Clause of Gramamr)
  14. Meteor SL (Mastering English through Enjoying Organizing Snake and Ladders)
  15. Consenpol Game (Conditional Sentence Monopoly)
  16. BEGRAMMO (Belajar Grammar Anti Monoton) (*)

Sumber: Times Indonesia

http://www.timesindonesia.co.id/read/140180/3/20170109/102159/kenalkan-cara-mudah-belajar-grammar-fkip-unisma-gelar-pameran/

 

العربية AR English EN Bahasa Indonesia ID